/*

Selasa, Oktober 21, 2008

HOMEPAGE MESIN PENCARI INFORMASI

Search Engine (mesin pencari) merupakan salah satu fasilitas internet yang dijalankan melalui browser untuk mencari atau mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Search engine mampu menampung database situs-situs dari seluruh dunia yang jumlahnya bisa mencapai milyaran halaman web. Cara kerjanya : cukup ketik kata kunci pada kolom search maka search engine akan menampilkan beberapa link situs beserta keterangan singkat sesuai dengan kata kunci yang diketik. Contohnya, kita ingin mencari informasi tentang sejarah perkembangan telepon dunia, cukup kita ketik kata kunci “telepon” atau “sejarah telepon” maka search engine akana mencari informasi tersebut secara otomatis.
Ada begitu banyak homepage atau situs yang menyediakan jasa mesin pencari (search engine). Search engine ini berperan dalam membantu kita untuk mencari informasi atau data yang kita butuhkan, sehingga kita tidak tersesat dalam hutan informasi internet. Coba bayangkan jika kita ingin mencari informasi Negara Amerika Serikat, tanpa search engine ada beberapa homepage atau situs yang harus kita ketikkan lewat address bar untuk mendapatkan informasi tersebut, karena kita tidak tahu secara persis kelompok dari informasi yang kita cari. Hal ini tentu saja akan membuang waktu karena membutuhkan waktu yang cukup lama sampai kita memperoleh informasi yang dimaksud.
Dengan adanya fasilitas search engine ini, kita hanya cukup membuka satu homepage yang menyediakan atau memiliki fasilitas tersebut, sehingga menghemat waktu dan tenaga. Melalui search engine ini dalam sekejap kita dapat memperoleh informasi yang kita butuhkan. Situs atau homepage yang menyediakan fasilitas search engine antara lain : google.com; yahoo.com; catcha.co.od; lycos.com; dan sebagainya.
1. Homepage Google
Google merupakan salah satu search engine yang sering digunakan orang untuk mencari informasi atau data. Search engine google beralamat di URL : http://www.google.co.id. Untuk mengaktifkan Google diperlukan prosedur berikut:
a. Ketik : http://www.google.co.id pada address bar Internet Explorer.
b. Kemudian klik Go di sebelah address bar atau tekan Enter keyboard, hingga tampil homepage Google
Untuk mencari informasi melalui Google dapat dilakukan dengan prosedur berikut.
Ketik kata kunci, kalimat atau topik yang ingin dicari
Kemudian klik tombol Mesin Cari Google untuk mulai mencari. Namun bila kita mengklik tombol Saya Lagi Beruntung maka kita akan langsung dibawa ke alamat homepage yang berisi informasi yang kita cari

2. Homepage Yahoo
Yahoo merupakan salah satu homepage yang menyediakan fasilitas search engine untuk suatu informasi atau data. Search engine Yahoo beralamat URL : http://www.yahoo.co.id atau http://asia.yahoo.com/indonesia. Hampir sama seperti Google, untuk mengaktifkan Yahoo diperlukan prosedur berikut :
a. Ketik : http://www.yahoo.co.id atau http://asia.yahoo.com/indonesia pada address bar Internet Explorer
b. Kemudian klik Go di sebelah address bar atau tekan Enter keyboard, hingga tampil homepage Yahoo
Untuk mencari informasi melalui Google dapat dilakukan dengan prosedur berikut.
a. Ketik kata kunci, kalimat atau topik yang ingin dicari pada kotak “Search the Web”
b. Kemudian klik tombol All the Web untuk mulai mencari di seluruh web yang ada. Bisa juga klik tommbol Indonesia untuk pencarian khusus web di Indonesia
3. Homepage Looksmart
Looksmart merupakan penyedia fasilits search engine yang juga dapat membantu kita dalam mencari informasi atau data. Search engine Looksmart beralamat di : http://search.looksmart.com. Hampir sama seperti Google dan Yahoo untuk mengaktifkan Looksmart diperlukan prosedur berikut :
a. Ketik : http://search.looksmart.com pada address bar Internet Explorer
b. Kemudian klik Go di sebelah address bar atau tekan Enter keyboard, hingga tampil homepage Looksmart
Untuk mencari informasi melalui Google dapat dilakukan dengan prosedur berikut.
a. Ketik kata kunci, kalimat atau topik yang ingin dicari pada “KOTAK “SEARCH FOR YOURSELF
b. Kemudian klik tombol Search untuk mulai mencari di seluruh web yang ada.

Tidak ada komentar: