/*

Selasa, Oktober 21, 2008

PENGGUNAAN ATAU PEMAKAIAN E-mail

1. Membuat Alamat Email
Setiap orang dapat memiliki alamat e-mail secara pribadi. Alamat e-mail ini dapat diperoleh dengan dua cara, yaitu sebagai berikut
a. Melalui penyedia jasa internet atau Internet Service Provider (ISP), alamat e-mail dapat diperoleh setelah kita terdaftar pada salah satu ISP tersebut.
b. Melalui situs-situs atau web bebas yang menyediakan fasilitas e-mail di internet, seperti yahoo, hotmail, catcha, Iycos, eudoramail, bolehmail, dan sebagainya. biasanya web-web tersebut memberikan fasilitas e-mail secara gratis
Untuk membuat alamat e-mail ini kita kan menggunakan fasilitas yang terdapat di yahoo sebgai salah satu situs atau web yang umu digunakan para pengguna internet. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :
1. Bukalah browser Internet Explorer, kemduian ketiklah URL yahoo : http://www.yahoo.com pada kotak address bar hingga jendela yahoo klik go atau enter
2. Klik icon Mail hingga muncul tampikan yahoo mail
3. Pada yahoo mail tersebut terdapat dua pilihan untuk masuk ke halaman e-mail yahoo, yaitu Sign In dan Sign Up Now. Tombol Sing In untuk mereka yang sudah memiliki alamat e-mail yahoo atau terdaftar di yahoo mail, sedangkan tombol Sign Up Now untuk mereka yang sama sekali belum terdaftar di yahoo mail dan ingin mendaftar. Bagi yang sudah terdaftar, mereka tinggal mengetik Yahoo ID dan Passwordnya, kemudian mengklik tombol Sing In untuk masuk atau membuka e-mail mereka. Jadi, ID dan Password ini harus selalu diingat. Jika kamu belum terdaftar dan ingin mendaftar, klik tombol Sing Up Now hingga tampil pilihan model keanggotaaan
4. Model keanggotaan di yahoo mail ada tiga jenis, yaitu free yahoo mail; yahoo mail plus; dan yahoo personal address. Untuk yahoo mail plus dan personal address kita diharuskan membayar iuran keanggotaan setiap tahunnya, sedangkan free yahoo mail disediakan gratis untuk kita. Pilihlah salah satunya, misalnya free yahoo mail dengan mengkkil tombol Sign Up for Yahoo! Mail
5. jika proses pengisian formulir di atas selesai, kliklah tombol I Agree. Apabila proses pengisian formulirmu benar dan berhasil maka akan muncul tampilan yang menyatakan bahwa kamu berhasil melengkapi pendaftaran di yahoo mail. Dalam tampilan itu akan tertera Yahoo ID, alamat yahoo mail, dan alamat e-mail alternatif kamu. Untuk alamat e-mail alternatif ini, kamu bisa meminjam alamat email yang sudah ada. Misalnya, alamat e-mail kakakmu atau orang yang kamu kenal dekat. Tapi ingat, alamat e-mail alternatif itu adalah e-mail selain di yahoo.
6. Namun, jika kau gagal melengkapi formulir pendaftaran tadi, maka yahoo mail akan menampilkan pesan
7. Klik tombol Continue to Yahoo! Mail jika kamu telah berhasil melengkapi formulir pendaftaran di yahoo mail. Dengan demikian kamu telah resmi terdaftar di yahoo. Yahoo akan menyediakan kotak surat untukmu. Melalui fasilitas ini, kamu dapat menerima dan mengirim surat, berdiskusi, mengirim gambar, maupun menerima surat, gambar, dan sebagainya dari teman-temanmu di seluruh dunia. Perlu kamu ketahui juga bahwa pada prinsipnya, pembuatan e-mail untuk masing-masing web hamper sama. Kamu juga bisa mencoba membuat e-mail di Hotmail, Catcha, Lycos, dan sebagainya.

2. Cara Mengoperasikan E-mail
Pada umumnya dalam pengoperasian e-mail ada dua hal yang selalu kita lakukan, yaitu :
a. membuat e-mail dan mengirimkannya ; serta
b. membaca e-mail dan membalasnya (reply) maupun meneruskannya (forward)

Membuat dan mengirimlan E-mail
Untuk membuat dan mengirimkan suatu e-mail dapat kita lakukan melalui kotak surata dari alamat e-mail yang sudah kita miliki. Untuk itu kita harus membuka kotak surat tersebut melalui langkah berikut
1) Bukalah browser Internet explorer, kemudian ketiklah URL yahoo : http://www.yahoo.com atau http://mail.yahoo.com pada kotak address bar hingga tampil jendela yahoo mail. Masukkan Yahoo ID dan Password lalu klik tombol Sign In.
2) Jika Yahoo Id dan Password yang kita isi benar maka kotak surat yahoo mail
3) Kilklah tombol Check Mail untuk memeriksa inbox yang berisi surat-surat yang kita terima, atau kita ingin membuat e-mail dan mengirimkannya ke taman, kita dapat mengklik tombol Compose hingga tampil jendela pembuatan dan pengiriman e-mail.
4) Ketiklah alamat e-mail yang kita tuju pada kotak isian To, kemudian isilah kotak Cc dan Bcc jika ingin mengirimkan surat ke alamat e-mail lain. Namun untuk kotak isian Cc dan Bcc tidak perlu kita isi jika hanya satu tujuan alamat saja yang ingin kita tuju. Lalu, isilah kotak Subject untuk memberi judul topic surat kita. Selesai itu semua, kita dapat juga menyisipkan file, gambar, dan sebagainya dengan cara mengklik tombol Attach Files
5) Ketiklah isi surat atau pesan pada kotak yang tersedia. Bila telah selesai kliklah tombol Send untuk mengirimkan pesan tersebut.

Membaca dan Membalas (Reply) E-mail
Untuk membaca dan menjawab hingga meneruskan (forward) e-mail ke berbagai teman-teman kita, prosedurnya juga hampir sama seperti membuat dan mengirimkan e-mail. Membaca, menjawab, dan meneruskan e-mail tersebut dapat dilakukan melalui kotak surat dari alamat e-mail kita. Prosedurnya adalah sebagai berikut :
1. Bukalah browser Internet Explorer, kemudian ketiklah URL yahoo: http://www.yahoo.com pada kotak address bar hingga tampil jendela yahoo mail. Masukkan Yahoo ID dan Password lalu klik tombol Sign In
2. Jika Yahoo ID dan Password yang kita ketik benar maka halaman kotak surat akan membuka. Di situ kita bisa mengecek apakah kita menerima surat atau tidak. Jika menerima surat maka ada pesan “You have 1 unread message: Inbox (1)”
3. Untuk membaca e-mail tersebut, kita dapat langsung mengklik Inbox(1) atau mengklik tombol Check Mail hingga tampilan jendela inbox terbuka
4. Untuk membaca e-mail yang kita terima tersebut, kita dapat langsung mengklik judul dari Subject berita yaotu Re : Apa kabar?, hingga halaman isi surat terbuka.
5. Bacalah isi e-mail tersebut dengan saksama dan balas atau jawablah bila perlu. Untuk membalas atau e-mail yang kita terima, kliklah tombol Reply hingga halaman pengiriman surat terbuka. Jika ingin meneruskan isi e-mail yang kita terima itu keteman yang lain kliklah tombol Forward, dan halaman pengiriman surat pun terbuka, kita tingal mengetik alamat e-mai yang ingin kita teruskan (forward) tadi.
6. Prosedur membalas e-mail yang kita terima sama dengan ketika kita mengirimkan surat atau e-mail. Namun kita tidak perlu mengetik alamat e-mail yang dituju karena secara otomatis sudah tertera disitu. Hal ini berlaku jika kita mengklik tombol Reply tadi. Namun jika kita membalasnya melalui tombol Compose yang terdapat di halaman inbox, ketiklah kembali alamat e-mail yang dituju pada kotak isian To, kemudian isilah kita Cc dan Bcc jika kita sudah meneruskan (forward) atau mengirimkan surat itu ke alamat e-mail lain. Namun untuk kotak isian Cc dan Bcc tidak perlu kita isi jika hanya satu tujuan alamat saja. Lalu, isilah kotak Subject untuk memberi judul topik surta kita. Selesai itu semua kita dapat juga menyisipkan file, gambar, dan sebagainya dengan cara mengkkil tombol Attach Files.
7. Ketiklah isi surat atau pesan balasan pada kotak yang tersedia. Bila telah selesai kliklah tombol Send untuk mengirimkan pesan tersebut.

Menjawab E-mail Melalui Forward
Menjawab e-mail melalui Forward ini merupakan sarana untuk membalas e-mail ke orang lain tanpa mengubah isi dari pesan. Meskipun demikian kita bisa menambahkan kata-kata sebagai perantara. Membalas e-mail melalui Forward terdiri dari dua macam, yaitu sebagai pesan e-mail biasa (as Inline Text) dan sebagai lampiran/melalui penyisipan (As Attachment).
Sebagai pesan e-mail bisa (As Inline Text), membalasnya seperti pada waktu e-mail dengan perintah Reply, sedangkan sebagai lampiran (As Attachment), isi dari e-mail yang akan dikirim (diforward) diperlukan seakan-akan e-mail tersebut berupa file lampiran (melalui penyisipan)
Prosedur membalas e-mail sebagai pesan atau file biasa (As Inline Text) adalah sebagai berikut :
1) Klik pesan e-mail yang akan dibalas
2) Klik tanda panah di tombol Forward, pilih As Inline Text, hingga muncul jendela Forward. Di sinilah kita juga bisa menambahkan teks yang diinginkan.
3) Selanjutnya prosedurnya sama seperti kita menjawab e-mail melalui tombol atau perintah Reply
Jika sebagai lampiran (As Attachment) prosedurnya adalah sebagai berikut :
1) Klik pesan e-mail yang akan dibalas
2) Klik tanda panah di tombol Forward, dan pilih As Attachment, hingga muncul jendela Forward As Attachment. Bila diperhatikan tampilannya mirip seperti pembuatan e-mail baru. Namun baris Attach langsung terisi secara otomatis berupa file pesan e-mail terpilih tadi.
3) Selanjutnya prosedurnya sama seperti kita menjawab e-mail melalui tombol atau perintah Reply

Mengirimkan File Melalui Fasilitas Attachment di E-mail
Selain mengirimkan dan membalas surat kita juga dapat mengirimkan file-file lain seperti gambar, table, dari pengolah angka, program, dan sebagainya melalui fasilitas Attachment di e-mail. Prosedurnya adalah sebagai berikut :
1) Bukalah browser Internet Explorer, kemudian ketiklah URL yahoo: http://www.yahoo.com pada kotak address bar hingga tampil jendela yahoo mail. Masukkan Yahoo ID dan Password lalu klik tombol Sign In
2) Ikutilah prosedur dalam membalas dan mengirimkan e-mail. Selain itu semua, kita dapat menyisipkan file, gambar dan sebagainya dengan cara mengklik tombol Attach Files, hingga tampil halaman Atttach Files.
3) Kliklah tombol “Browsw” untuk memilih file yang akan kita sisip untuk dikirim. Untuk web Yahoo, kita dapat mengattach file sampai 10.0MB. kemudian klik kembali tombol Attach Files.
4) Jika proses Attach Files berhasil maka akan ada pemberitahuan dari Yahoo mail bahwa file sudah berhasil diattach
5) Kemudian kliklah tombol Continue to Message untuk kembali ke halaman pengiriman surat atau e-mail (Windows Compose). Jika file yang kita attach berhasil maka nama file tersebut akan muncul di atas tombol Attach Files. File yang sudah diattach ini juga bisa diganti atau dihilangkan dengan cara mengklik kata Remove disebelah kanan nama file tersebut.
6) Bila prosedur diatas telah selesai, kliklah tombol Send untuk mengirimkan pesan dan file tersebut.

Tidak ada komentar: