/*

Selasa, Oktober 21, 2008

MENGIRIMKAN FILE MELALUI FASILITAS ATTACHMENT DI E-MAIL

A. Mengirimkan File Melalui Fasilitas Attachment di E-Mail
Selain mengirimkan dan membalas surat, kita jua dapat mengirimkan file-file lain seperti gambar, tabel dari pengolahan angka, program, dan sebagainya melalui fasilitas attachment di e-mail. Prosedurnya adalah sebagai berikut:
1). Bukalah browser internet explorer, kemudian ketiklah URL yahoo: http://www.yahoo.com atau http://mail.yahoo.com pada kotak address bar hingga tampil jendela yahoo mail. Masukkan Yahoo ID dan Password lalu klik simbol Sign In.
2). Ikuti prosedur dalam membalas dan mengirimkan e-mail. Selesai itu semua, kita dapat menyisipkan file, gambar, dan sebagainya dengan cara mengklik tombol Attach Files, hingga tampil halaman Attach Files berikut.
3). Kliklah tombol “browse” untuk memilih file yang akan kita sisip untuk dikirim. Untuk web Yahoo, kita dapat mengattach file sampai 10.0 MB. Kemudian klik kembali tombol Attach Files. Selama proses Attach Files berlangsung,halaman yahoo mail akan tampil.
4). Jika proses Attach Files berhasil maka akan ada pemberitahuan dari yahoo mail bahwa file sudah berhasil diattach.
5). Kemudian kliklah tombol Continue to Message untuk kembali ke halaman pengiriman surat atau e-mail (Window Compose). Jika file yang kita attach berhasil maka nama file tersebut akan muncul di atas tombol Attach Files. File yang sudah diattach ini juga bisa kita ganti ataudihilangkan dengan cara mengklik kata Remove di sebelah kanan nama file tersebut.
6). Bila prosedur di atas telah selesai, kliklah tombol send untuk mengirimkan pesan dan file tersebut.

B. Mengakses Web Melalui URL
Untuk memperoleh informasi atau data yang dibutuhkan, kita dapat mengaksesnya melalui URL. Apakah URL itu?
URL (Uniform Resource Location) adalah sarana untuk menentukan alamat yang akan kita pakai untuk mengakses internet. Jadi, alamat URL merupakan alamat khusus untuk file tertentu yang bisa diakses oleh internet. Contoh alamat URL antara lain: http://www.bbc.co.uk/indonesian/surat/020119_harry.shtml; http://www.yahoo.co.id; dan sebagainya.
Tapi perlu diketahui, alamat URL tidak hanya mencakup file HTML, namun termasuk juga jenis-jenis file lain yang bisa diakses oleh internet. Misalnya file image bertipa .jpg dan gif. Sebagai contoh, logo ajangkita yang muncul di halaman depan situs tersebut memiliki alamat URL sebagai berikut: http://www.ajangkita.com/images/ajangkita.gif.
Bagaimana format alamat URL yang lengkap? Keseluruhan URL yang lengkap adalah berbentuk seperti ini:
protokol://nama_host/path/nama_file
o Protokol adalah jenis protokol yang akan digunakan, seperti http, ftp, mailto, dan sebagainya.
o Nama-host adalah nama host (domain) yang dipanggil.
o Path adalah lokasi atau direktori tempat file-file diletakkan pada web server.
o Nama_file adalah nama file yang dipanggil.
Sebagai contoh: URL http://www.ajangkita.com/berita/domain_baru.htm memiliki format seperti ini:
o http adalah protokol yang digunakan.
o www.ajangkita.com adalah host name-nya
o berita adalah path atau direktori yang dituju.
o domain_baru.htm adalah nama file yang diakses.
Melalui URL kita dapat memperoleh dan mencari informasi. Ada begitu banyak URL yang menyediakan beragam informasi, antara lain adalah http://www.yahoo.com; http://www.google.com; http://www.catcha.co.id; http://www.Tempointeraktif.com; dan sebagainya. Perlu diketahui pula bahwa hampir semua alamat URL memiliki fasilitas mesin pencari informasi (Search Engine).

Tidak ada komentar: