/*

Selasa, Oktober 21, 2008

MAILING LIST

Layanan lain yang menarik di internet adalah kamu bisa membentuk kelompok atau grup e-mail dengan teman-temanmu yang mempunyai suatu ikatan atau kegemaran yang sama. Jika e-mail yang ditujukan kepada alamat e-mail kelompok atau grup tersebut, seluruh anggota akan mendapat e-mail yang sama. Kelompok atau grup seperti ini disebut dengan mailing list (milis). Milis biasanya mempunyai anggota yang homogen (kesamaan kepentingan, kesamaan kegemaran, atau kesamaan lainnya). Misalnya milis alumni atau sekolah maka yang bergabung adalah pemilik e-mail berasal dari sekolah yang sama atau milis pendidikan maka yang bergabung adalah pemilik e-mail yang mempunyai perhatian di dunia pendidikan.
Salah satju serves milis yang cukup banyak digunakan adalah Yahoogroups yang bisa akses di www.yahoo.com. Kita akan pelajari lebih jauh tentang layanan milis yang disediakan di Yahoo!. Sekarang, masuklah ke Yahoo! Menggunakan ID usermu. Kemudian, klik Group.
Sekarang kamu masuk ke halaman group. Biasanya, halaman goups yang terbuka disesuaikan dengan alamat email. Maksudnya, apabila e-mailmu di Yahoo! Indonesia maka yang akan dibuka adalah halaman group untuk Asia walaupun bisa juga masuk ke groups global. Ada kotak pencarian untuk menemukan alamat group yang ingin diikuti. Kita akan mencoba untuk bergabung di salah satu milis yang ada.
Misalkan kamu ingin ikut milis pendidikan. Ketikkanlah kata pendidikan di kotak pencarian sehingga keluar beberapa milis yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Kita akan mencoba bergabung dengan salah satunya.
Setelah menentukan salah satu milis yang ada maka tampilan awal milis yang kita pilih akan ditampilkan. ]
Kalau kamu ingin bergabung, klik Join This Group! Ada beberapa pertanyaan yang harus kamu tentukan jawabannya. E-mail yang kamu gunakan ketika masuk ke Yahoo! Secara otomatis akan terdaftar ke milis yang kamu pilih, kecuali jika kamu ingin merubah dengan alamat e-mail yang lain.
Lengkapi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang lain, dan ketikkan kode yang diminta.
Setelah selesai tekan join. Kamu sudah bergabung ke milis. Sekarang kamu sudah bisa mengirim dan menerima e-mail yang ditujukan ke milis yang kamu ikuti.
Kalau ingin mengetahui siapa saja yang menjadi anggoa milis, klik members. Dalam datar anggota itu akan terlihat bahwa namamu berada dibagian paling bawah atas karena baru saja terdaftar.
Pesan atau e-mail yang pernah dikirimkan anggota milis bisa kamu lihat di Message.
Sekarang kamu bisa saling berbagi pesan sengan anggota-anggota yang terdaftar di milis, kamu bisa berdiskusi dan bertanya-tanya di grup itu.
Ada satu hal yang harus kamu perhatikan, setiap milis memiliki aturan ayng berbeda-beda. Oleh karena itu, belum tentu setiap orang yang mendaftar di suatu milis dapat langsung bergabung menjadi anggota. Ada milis yang memerlukan izin “moderatornya” ketika mendaftar agar dapat bergabung menjadi anggota. Coba kamu pelajari lebih jauh lagi.

Tidak ada komentar: